Tips Rawat Mixer Cosmos Agar Tidak Cepat Rusak

Mixer Cosmos tentu sangat dibutuhkan baik untuk Anda yang membuat kue musiman apalagi untuk yang memiliki bisnis kue. Namun, bagaimana cara merawat alat dapur satu ini agar tetap terawat dan bersih? Simak ulasan berikut.

Pastikan Kabel Listrik Sudah Tercabut
Sering kali beberapa orang lupa mencabut kabel listrik, padahal hal ini sangat mendasar ketika Anda menggunakan mixer. Sebenarnya tidak hanya pada mixer, melainkan pada benda elektronik lainnya yang ada di sekitar, baik di dapur maupun lainnya. 

Selalulah ingat untuk mencabut kabel listrik mixer Anda, dan pastikan tangan Anda dalam keadaan kering untuk menghindari kecelakaan buruk yang bisa saja terjadi. Apalagi setelah memasak atau membuat adonan, pasti tangan Anda cenderung basah. 

Pastikan mixer Cosmos benar-benar sudah dimatikan dengan baik baru cabut kabel listrik yang menyambung ke mixer dari stop kontaknya. Ingat untuk selalu waspada, hati-hati dan teliti.

Lepas Bagian Mixer Saat Membersihkannya
Untuk mempermudah Anda dalam membersihkan mixer Cosmos, ada baiknya untuk memisahkan bagian satu dengan bagian lainnya. Seperti bagian pengaduk, mangkuk, serta kepala mixer. 

Baru setelah itu, Anda bisa membersihkannya satu demi satu. Hal ini juga bertujuan agar mixer Cosmos lebih higienis dan bersih ketika selesai dipakai.

Selalu ingat bahwa tidak boleh merendam kepala mixer ke dalam air atau hal tersebut dapat membuat mixer rusak. Anda hanya bisa mengelapnya menggunakan kain setengah basah yang bersih untuk menghindari korslet. 

Rendam Mangkuk dan Pengaduk dalam Air Panas
Setelah memisahkan setiap bagian dari mixer, maka ada baiknya untuk merendam bagian mixer tersebut ke dalam air panas dan campuran sabun pembersih. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa-sisa adonan yang masih menempel dan susah dibersihkan di pengaduk. 

Biasanya air panas dapat melelehkan sisa-sisa adonan yang menempel tersebut dengan cepat dan lebih bersih. Setelah semua kotoran tersebut terangkat, baru Anda bisa membersihkannya. 

Bersihkan mixer Cosmos menggunakan spons dan sabun dengan benar dan lembut. Jangan terlalu terburu-buru dalam menggosoknya apabila Anda tidak mau meninggalkan satu kotoran pun yang tersisa. 

Bersihkan Menggunakan Kain Lembap atau Sikat Gigi
Beberapa kotoran yang menempel pada mixer bisa saja mengalami pengerasan dan susah sekali dihilangkan. Hal tersebut jelas sangat menyebalkan dan tidak enak dipandang, apalagi jika Anda sangat menjunjung tinggi kebersihan. 

Oleh sebab itulah, sikat gigi biasanya jadi alternatif dari permasalahan tersebut. Sikat gigi bisa Anda gunakan untuk menggosok bagian yang ada pada mixer dan susah dibersihkan. 

Sikat gigi memiliki bulu-bulu halus yang tidak akan mudah merusak bagian mixer sehingga sangat aman dan cocok digunakan. Anda juga bisa menggunakan kain lap yang bersih untuk beberapa bagian mixer lainnya. 

Simpan Mixer di Tempat yang Bersih
Setelah dibersihkan dan dikeringkan, maka jangan lupa untuk menyimpan alat dapur elektronik satu ini di tempat yang bersih. Salah satunya adalah di lemari khusus yang ada di dapur. 

Selalu ingat untuk menghindarkan mixer dari jangkauan anak-anak, jangan simpan mixer di tempat yang kotor dan berdebu karena dapat merusak mesin. Ada baiknya juga Anda memberikan pelumas pada mixer dengan rutin meski mixer tersebut tidak setiap hari Anda pakai. 

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga mixer tetap awet dan bekerja dengan baik. Itulah dia beberapa cara dan tips untuk merawat mixer Cosmos supaya lebih tahan lama, apakah cara Anda selama ini sudah benar?