Menyelami Wahyu Ilahi Setiap Saat

Salah satu kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan spiritual. Di samping kebutuhan materiil seperti sandang, pangan, dan papan, kita juga perlu mensejahterakan batin untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki. Kesejahteraan batin diperoleh kita sebagai umat Islam dengan mendekatkan diri kepada Allah. Islam juga merupakan agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia agar sesuai dengan kodratnya, dan tercipta keselarasan hidup di dunia yang berakibat pada kebahagiaan lahir dan batin. Segala aturan hidup umat Islam ini tercantum dalam kitab suci Al-Qur’an. Sekarang ini, kita bisa membaca Al-Qur’an dimana saja karena adanya alquran digital.


Kitab suci ini kini bisa diakses kapan saja dan dimana saja dan lebih praktis, karena bisa diunduh pada gawai Anda. Dengan mengunduh aplikasi kitab suci versi digital ini, Anda bisa lebih menyelami wahyu ilahi sesering mungkin dan dimana saja. Di dalam perjalanan saat menunggu tiba sampai ke tempat tujuan, di sela-sela istirahat, dan kapan pun. Anda bisa tetap dekat dengan wahyu Ilahi dan mempelajarinya kapan saja. Menyelami wahyu Ilahi lebih sering bisa memerikan suasana batin yang tenang dan tenteram, dan selalu teringat untuk menjalankan syariat Islam sesuai dengan yang tercantum dalam Al-Quran.

Penggunaan aplikasi Al-Quran ini cukup mudah. Pertama, Anda hanya tinggal mengunduhnya melalui platform marketplace yang ada di gawai Anda. Kemudian Anda bisa langsung membukanya dan membacanya. Beberapa aplikasi Al-Quran memiliki keistimewaan dalam menunjukkan tajwid atau hukum bacaan yang terkandung dalam kalimat-kalimat Al-Quran, fitur quro’ yang dibacakan oleh para Qari terkenal dan bersuara merdu, hingga aplikasi Al-Quran yang menyatu dengan fitur keagamaan lain seperti penunjuk arah kiblat, waktu solat, pengingat puasa, artikel keislaman, hingga fitur tasbih untuk berdzikir. Anda juga bisa menjadi pengingat kalam Allah bagi umat Islam lainnya dengan cara share ayat yang tersedia di fitur aplikasi Alquran. Jika Anda tidak memungkinkan mengakses internet, Anda tetap bisa membaca Alquran melalui aplikasi, karena ada beberapa aplikasi Quran yang menyediakan fitur membaca offline sehingga tidak memerlukan data internet.

Beberapa aplikasi Al-Quran yang bisa diunduh melalui marketplace resmi gawai Anda diantaranya seperti di bawah ini.

1. Muslim Pro
Aplikasi ini merupakan yang paling disukai, karena sangat lengkap. Selain Quran digital, ada juga fitur penunjuk arah kiblat, pengingat adzan, hingga tasbih. Aplikasi yang dikembangkan di Singapura ini seringkali juga menampilkan berbagai macam artikel yang bisa dibaca untuk menambah wawasan keislaman Anda.

2. Al-Qur’an Kemenag
Aplikasi Quran paling lengkap ini dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam aplikasi ini, terdapat asbabun nuzul dan aplikasi murottal yang bisa diperdengarkan jika Anda ingin mendengarkan ayat suci dengan suara yang merdu.

Anda bisa memperoleh pengalaman membaca Al-Quran secara menyeluruh melalui aplikasi Quran, karena Anda bisa juga mengetahui sebab turunnya suatu ayat (asbabun nuzul) melalui aplikasi Quran. Tersedia juga kitab suci digital yang menyediakan fitur tafsir per kata, dari beragam bahasa. Dengan segala kemudahan yang diperoleh melalui aplikasi quran pada gawai Anda, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh yang kadang belum ada di pada Alquran cetak atau konvensional. Beragam aplikasi Alquran ini juga sudah dikembangkan oleh banyak anak bangsa. Selain aplikasi di atas, ada juga Qur’an Pro, Qur’an for Android, dan Al-Quran Bahasa Indonesia.