Selasa, 23 Oktober 2018

4 Pola Asuh Anak yang Baik untuk Bangun Percaya Dirinya

Kepercayaan diri pada anak sebenarnya bisa dilatih sejak dini agar mereka tak minder ketika sudah dewasa. Anda bisa menerapkan pola asuh anak yang baik untuk membantu menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Selain itu, pola asuh ini juga bisa melatih kemampuan si kecil dalam bersosialisasi dan mengeksplor dirinya. Apa saja?


1. Berikan Citra Positif
Salah satu cara yang bisa orang tua lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah memberi citra positif dengan perilaku yang sederhana. Buat si kecil merasa bangga dan berharga. Cara memberikan citra positif ini, cukup dengan melalui interaksi sehari-hari antara Anda dan si kecil saja. Tentunya, interaksi yang dimaksud adalah interaksi baik, ya!

2. Menjadi Cermin yang Positif untuk Mereka
Anda harus tahu, anak-anak adalah peniru yang baik. Mereka bisa meniru orang di sekitarnya di masa tumbuh kembangnya untuk mendapatkan ‘diri’ mereka. Nah, untuk membantu mereka mendapatkan rasa percaya diri, Anda bisa menjadi cermin yang positif. Lakukan saja hal sederhana yang bisa membuat mereka juga berkelakuan baik dan percaya diri.

3. Rangsang Anak untuk Berani Tampil
Pada usia satu hingga tiga tahun, cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dengan pola asuh anak yang baik bisa dikatakan yang paling mudah. Untuk menerapkannya, Anda bisa coba merangsang si kecil untuk berani tampil paling tidak di hadapan Anda. Tak masalah mereka mau menampilkan apa.

Mau keterampilan berhitung, bercerita, berbagi pengalaman atau mungkin menyanyi, tak masalah. Cara ini selain bisa membuat mereka lebih percaya diri, anak akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain bahkan selain keluarganya. Mereka tak akan malu-malu untuk bertindak. Namun, tentu saja Anda tetap harus mengawasinya, ya!

4. Berhati-hati dalam Menyampaikan Kata
Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam berkata-kata dengan buah hati Anda. Terlebih untuk anak yang masih berusia antara 1 hingga 3 tahun. Masa ini adalah periode emas untuk tumbuh kembang si kecil serta memiliki pengaruh besar untuk rasa percaya dirinya. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari kata-kata yang bisa membuatnya minder.

Bangunlah kepercayaan diri si kecil dengan memberikan kata-kata yang membangun rasa percaya dirinya. Selain itu, jangan pernah mengatakan hal kasar yang membuatnya menyesal dan tak berani untuk mencoba hal yang baru. Jika hal ini terjadi, rasa percaya diri anak yang susah payah Anda bangun akan hancur seketika dan mereka tak akan berani untuk maju.

Melatih rasa percaya diri anak melalui pola asuh anak yang baik itu memang perlu dilakukan sejak kecil agar tumbuh kembangnya bagus. Namun, bukan berarti Anda juga boleh menghiraukan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya juga, ya! Selalu beri yang terbaik, seperti susu Dancow dengan nutrisi tinggi untuk bantu tumbuh kembangnya!