Senin, 02 Juli 2018

Belajar Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri Sesuai Dengan Gejalanya

Kerusakan pada mesin cuci memang sering sekali terjadi. Terlebih lagi jika Anda menggunakan mesin cuci tidak sesuai dengan aturan atau bahkan Anda jarang melakukan service mesin cuci secara teratur. Namun saat mesin cuci yang Anda miliki rusak, Anda belum sempat memanggil jasa service Anda dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Berikut tips memperbaiki mesin cuci di rumah sesuai dengan gejalanya.

service mesin cuci

  1. Air pada Bak Tidak Bisa Dibuang
    Gejala kerusakan yang satu ini memang sering terjadi. Namun Anda tak perlu memanggil jasa service untuk memperbaiki hal ini. Anda bisa melakukan perbaikan sendiri sambil membaca panduan tentang caranya.

    Cara untuk memperbaiki kerusakan pada kali ini Anda bisa mengecek pada tali atau tuas penarik pada tombol drain. Jika tali pada tuas terputus segera ganti yang baru agar pembuangan air dapat berjalan lancar kembali.

  2. Terjadi Kebocoran pada Air di Bak
    Gejala ini juga sangat sering ditemui pada mesin cuci rumah Anda. Hal ini terjadi karena Anda kurang melakukan service mesin cuci secara teratur. Untuk memperbaiki gejala ini cobalah periksa pada bagian karet penutup pembuangan. Karet pada penutup pembuangan ini menjadi bocor karena terkena kotoran atau bahkan uang logam yang mengenai bagian pembuangan dan menyebabkan menjadi bocor.

    Setelah menemui penyebab dari kebocoran bak mesin cuci itu sendiri, sebaiknya Anda langsung mengganti karet yang bocor dengan karet yang baru agar kebocoran pada bak mesin cuci Anda segera teratasi.

  3. Dinamo Tidak Berputar
    Pada kerusakan yang satu ini Anda cukup memeriksa pada bagian sensor switch-nya saja apakah menyambung dengan bak pengering atau tidak. Jika sensor switch tidak menyambung dengan pengering sebaiknya Anda melakukan penyambungan secara benar agar dinamo dapat kembali bekerja sesuai dengan fungsinya. Anda juga harus memperhatikan kabel yang ada, bisa jadi ada kabel yang terputus dan segera disambung.

  4. Bak Pengering Tidak Berputar Stabil
    Hal ini terjadi karena saat memasukan pakaian dalam mesin pengering tidak merata atau pada bagian balancing kaki dinamo pengering patah. Untuk memperbaikinya Anda bisa mengganti kaki yang patah dengan yang baru. Namun hal ini terjadi tidak hanya kaki pada balancing yang patah saja. Akan tetapi juga bisa terjadi karena seal mengalami ke robekan. Jika seal ini mengalami ke robekan Anda harus segera menambalnya.

Jadi Anda tak perlu memanggil jasa service mesin cuci jika Anda sudah tahu gejala dan cara memperbaikinya. Namun akan lebih baik jika mesin cuci Anda rusak memanggil jasa service saja agar Anda tidak memperparah kerusakan yang terjadi. Anda bisa memanggil sejasa.com untuk memperbaiki mesin cuci yang Anda miliki.